Penyanyi Korea Bersuara Emas


.


Tidak semua personil boygroup/girlgroup di Korea yang memiliki suara emas. Semua mempunyai bagiannya masing-masing. Ada yang kebagian jadi rapper, dancer utama atau bahkan ‘spesialis’ nada rendah. Biasanya yang spesialis nada rendah ini suka nyanyi di bagian intro dan belum tentu bisa mengambil nada tinggi. Penyanyi Korea (K-POP) bersuara emas personil boygroup/girlgroup  adalah:
1. Yesung-Super Junior
alt
Di awal-awal debut Super Junior hanya orang-orang SM (manajemen SuJu) dan semua rekannyalah yang mengetahui suara emas Yesung, karena pada dasanya cowok asal Chungnam ini orangnya pemalu abis. Para ELF (sebutan untuk penggemar SuJu) baru tau dengan karakter vokal okaynya lewat lagu Marry U di album kedua SuJu. Pengen puas dengerin suara emasnya? Silahkan dengerin lagu It Has To Be You (OST Cinderella’s Stepsister) dan Waiting For You (OST Paradise Ranch). Dijamin Anda langsung tertidur!
2. Xiah Junsu-JYJ
alt
Suaranya Junsu memang benar-benar empuk. Pantas saja dulunya DBSK tenar banget karena selain wajah personilnya yang ganteng-ganteng, vokal Junsu-lah yang paling mendominasi di semua lagu-lagu boygroup yang digawangi Yun Ho, Chang Min, Jae Joong, Junsu, dan Yoo Chun ini. Bagi yang belum tau, cowok ganteng ini adalah ‘mantan’ personil DBSK. Karena ada masalah dengan SM (manajemen DBSK, sama dengan SuJu) ia terpaksa keluar dari DBSK bersama Jae Joong dan Yoo Chun. Sekarang mereka membentuk trio JYJ di bawah naungan C-Jes Entertainment.

3. Kyu Hyun-Super Junior
alt
Status boleh magnae (personil paling muda) Super Junior, tapi kemampuan vokalnya sudah tidak usah diragukan oleh para ELF. Bersama Yesung dan Ryeo Wook, cowok paling jahil di SuJu ini kebagian jadi vokal utama dan tidak jarang suka mengambil nada tinggi. Tapi sejak Han Geng ‘keluar’ dari Super Junior karena masalah kontrak dengan SM (gak usah heran, SM emang penuh ‘kejutan’), Kyu Hyun terpilih menjadi dancer utama (‘jabatan’ yang dulunya disandang Han Geng) bersama Dong Hae, Eun Hyuk dan Shin Dong. Tidak bisa dibayangkan porsi latihan si magnae ini jadi bertambah. Ya vokal utama, ya dancer utama. Tapi itu semua tidak membuat cowok bernama lengkap Cho Kyu Hyun ini sedih berlarut larut.
4. Taeyang-Big Bang
alt
Jika kita dengar lebih seksama, suara Taeyang itu lembut banget. Tapi karena Big Bang penganut ‘aliran’ R&B, suara Taeyang tidak terlalu ‘dibutuhkan’. Nasib serupa juga dialami Dae Sung dan Seung Ri. Jadi kesimpulannya mayoritas lagu-lagu Big Bang ‘diwarnai’ oleh dua rap keren G-Dragon dan TOP. Sepintas seperti tidak nyambung ya? Tapi itulah hebatnya Taeyang. Di genre musik apapun, suara tiga oktafnya cowok yang jago bahasa Inggris ini tetep enak didengar. Simak lagu-lagu solonya, such as Wedding Dress, I Need A Girl (feat G-Dragon), dan I’ll Be There yang genrenya berbeda dengan musik Big Bang (meskipun ada unsur R&B-nya).

5. Jae Joong-JYJ
alt
Letak vokal utama ada pada Jae Joong dan Junsu. Chang Min bisa ambil nada tinggi, tapi mereka jauh lebih spektakuler.
6. Soo Hyun-U-Kiss
alt
NH Media bener-benar adil dalam memperlakukan artis didikan mereka. Seluruh personil U-Kiss ikut ambil bagian dari semua lagu-lagu mereka. Mulai dari Bingeul Bingeul, Manmanhani sampe Shut Up. Jadinya ya para KISS ME (sebutan untuk fans U-Kiss) masih bingung. Yang jadi vokalis utama siapa? Tapi akhirnya kebingungan mereka ‘terpecahkan’ dengan sendirinya lewat lagu 0330 dari mini album terbaru boygroup yang pernah mengunjungi Indonesia ini. Di lagu itu, Soo Hyun mengambil nada tinggi. Dan hasilnya? DAEBAK!! Suara Soo Hyun bener-benar hebat!
7. Ryeo Wook-Super Junior
alt
Ini adalah ketiga kalinya personil Super Junior masuk daftar ini. Suara cowok yang akrab dipanggil Wookie ini emang enak banget. Terkesan lembut, sama kayak Taeyang. Cuma bedanya suara Wookie tuh kecil, bahkan paling kecil diantara semua personil Super Junior yang rata-rata gede. Bagi yang gak tau, pasti dikira suara cewek. Karakter vokal Wookie yang kecil nan lembut ini mampu menembus nada tinggi. Nah jika sudah gitu ketauan kalo itu bukan suara cewek. Simak lagu The One I Love yang dinyanyikan Super Junior K.R.Y (sub-grup SuJu yang digawangi Kyu Hyun, Ryeo Wook dan Yesung).
8. Heo Young Saeng-SS501
Menurut salah satu sumber, Young Saeng adalah jantungnya SS501. Jika tidak ada dia, personil SS501 yang lain pasti kelabakan karena tidak ada yang sanggup mengambil nada tinggi. Jika kita simak lebih serius, karakter vokal Young Saeng hampir sama kayak Ryeo Wook . Sama kecilnya, sama lembutnya. Sejak meninggal DSP (mantan agensi SS501) tahun lalu, kelima cowok ganteng ini merintis karier solo masing-masing. Pertama dengan keluarnya album batu Park Jung Min, lali Kim Hyung Joon dan Heo Young Saeng. Kemudian disusul dengan sang leader, Kim Hyun Joong juga akan merilis album solonya.
9. Jong Hyun-SHINee
Lagu-lagu SHINee yang nge-beat, vokal Jong Hyun terkesan cempreng. Tapi siap-siap bertekuk lutut pada saat SHINee bernyanyi lagu slow. Siapa lagi yang paling banyak porsi nyanyinya jika bukan si Bling Bling Jong Hyun ini. Suaranya sangat lembut saat mengambil nada rendah dan nada tinggi.

10. Tae yeon-Girls generation
Selain cantik, Tae yeon-Girls generation juga dianuerahi suara yang sangat merdu. Tapi karakter vokalnya kurang begitu menonjol karena semua personil Girls Generation ikut ambil bagian saat bernyanyi. Tae yeon-Girls yang berbodi mungil ini ngambil nada tinggi, itupun juga yang membuat para SONE (sebutan untuk fans Girls Generation) bingung. Sebenarnya suaranya Jessica atau Tae Yeon? Tapi sejak sang leader Girls Generation ini membawakan soundtrack serial SBS, Athena: Goddess of War yang berjudul I Love You, suaranya sukses membuat para SONE terkagum kagum.
11. Yo Seob-Beast
Jalo dilihat video klipnya, cowok imut inilah yang yang paling banyak porsi bernyanyi. Bahkan dia juga gak kesulitan ambil nada tinggi. Selain itu saat dia menjadi bintang tamu sebuah acara variety show di salah satu stasiun televisi Korea bersama Onew SHINee, ia bernyanyi lagu berbahasa Inggris dan suaranya mengagumkan.
12. Zhou Mi-Super Junior M
Ternyata Si Jangkung Zhou Mi ini punya suara yang merdu. Simak singel Blue Tomorrow, Too Perfect dan Words of the Westerly Wind. Sangat terlihat jika vokal Zhou Mi enak didenger dan doi tidak kesulitan mengambil nada tinggi. Sayangnya wajah Zhou Mi biasa-biasa saja.
13. Jino-SM The Ballad
Bisa dibilang, Jino tuh masih bau kencur. Soalnya dia benar-benar pendatang baru di kancah musik K-Pop. SM The Ballad bersama Kyu Hyun Super Junior, Jong Hyun SHINee dan Jay TRAX. Lewat singel Miss You, para fans terkagum kagum dan mulai mencari siapa Jino sebenarnya.
14. Lee Hongki-FT. Island
Salah satu lagu FT Island yang enak adalah Love Love Love. Lee Hongki mempunyai karakter vokal yang baik.
15. Park Bom-2NE1
Tampang dan suara Park Bom tidak usah diragukan lagi

Your Reply